logo

January 24, 2017

8 Ular Tebesar Dan Terpanjang di Dunia

8 Ular Tebesar Dan Terpanjang di Dunia
8 Ular Tebesar Dan Terpanjang di Dunia, Ular adalah binatang melata dan tergolong hewan yang sangat mematikan. Ularpun tergolong dalam bangsa reptilia.
biggest snake
Binatang jenis ini memiliki sisik yang mirip seperti kadal, tetapi ia tidak mempunyai kaki. Jenis ular sangatlah tidak sedikit. Ada ribuan jenis ular yang tersebar di aneka belahan dunia.

Habitatnya pun berbeda-beda, ada yang di sungai laut, hutan, ladang, gurun bahkan ada pula yang tinggal di daerah pemukiman penduduk.

Baca juga : 5 Penemuan Mahluk Aneh Mirip Manusia

Postingan kali ini membahas tentang ular terbesar dan terpanjang di dunia, meski satu  diantara berita disini belum terkonfirmasi kebenarannya.

Mau tahu ular jenis apa saja? Berikut 8 Ular Tebesar Dan Terpanjang di Dunia

  1   Anaconda Raksasa di Sungai Abuna

Ular terpanjang dan terbesar
Ular ini diduga panjangnya mencapai 45 kaki, dan ditemukan pada Abuna Rio (Negara bagian Acre, Brazil) Pada tahun 1906, dua puluh tahun sebelum penjelajah Kolonel Percy Fawcett Harrison menghilang tanpa jejak di Amazon, ia dikirim oleh Geographic Society Kerajaan untuk melakukan survei menyeluruh dari Abuna Rio dan Sungai Acre.

Fawcett bertemu dengan ular raksasa pada tahun 1907 saat dia menyusuri sepanjang Rio Negro dengan kru Indiannya.

Fawcett melaporkan bahwa kepala segitiga besar muncul di haluan perahu, dan ketika ia menembak makhluk itu, ular itu meronta-ronta menimbulkan gelombang air di sekitar perahu.

Dengan susah payah Fawcett meyakinkan krunya untuk mendekati tempat ular besar berbaring.

Orang-orang Indian takut bahwa reptil terluka akan menyerang perahu atau pasangannya, seperti yang sering terjadi, akan datang untuk melakukan pembalasan.

Fawcett kemudian melangkah ke tepi dan hati-hati mendekati ular. Menurut Fawcett, ular itu panjangnya 43 kaki yang keluar dari air dan 17 kaki yang berada di dalam air, jadi total sekitar 60 kaki.

  2   Ular Phyton Guihua di Sumatera

Ular terpanjang dan terbesar
Ular phyton yang di tangkap di sumatera bagian barat, yang kemudian diberi nama Guihua ini diberitakan menjadi ular terbesar yang pernah tercatat oleh manusia.

Ular ini memiliki panjang 14,86 meter dan berat 447 kilogram. Ular ini dikabarkan dapat menelan manusia hanya dalam waktu yang singkat.

  3   Anaconda Hijau (Eunectes Murinus)

Ular terpanjang dan terbesar
Ular yang satu ini tidak memiliki bisa yang mematikan. Namun, bobot yang ia miliki mencapai 100kg. Ia juga memiliki panjang yang tak kalah dengan ular terbesar lainnya, yakni kurang lebih sekitar 12 meter.

Spesies ini hanya ditemukan di amerika selatan tepatnya di sungai amazon. Ular ini sering memangsa binatang-binatang besar seperti monyet, kura-kura bahkan buaya!

Setelah makan, ia bisa hidup berminggu-minggu setelahnya tanpa makanan sama sekali. Karena suhu tubuhnya yang dingin, ia juga selalu berjemur untuk mendapat sumber panas energi yang merata.

Selain itu, ia juga memiliki ukuran hidung yang besar. Jadi ia bisa menangkap mangsanya dari dalam air tanpa mengeluarkan tubuhnya sedikitpun. Ia mendengar mendeteksi mangsanya melalui getaran, suhu tubuh dan penciuman.

  4   Phyton Filipina

Ular terpanjang dan terbesar
Ular raksasa sering menyerang orang dalam cerita fiksi ilmiah, namun serangan tersebut tidak hanya dalam fiksi. Setelah melakukan penelitian yang ekstensive dan lama di hutan hujan filipina dengan suku Agta, Thomas Headland telah menemukan bahwa seperempat dari populasi suku agta pernah diserang oleh ular python besar yang banyak terdapat disana.

  5   Ular Boa China

Ular terpanjang dan terbesar
Ular ini miliki panjang 55 kaki (sekitar 16 meter) yang sempat hebohkan China beberapa tahun lalu. Ular tersebut didapati oleh pekerja saat mereka membabat alas untuk membuka jalan baru di luar Kota Guping, provinsi Jiangxi, China.

  6   Phyton Australia

Ular terpanjang dan terbesar
Ular Phyton Olive ditemukan di Kimberly-Australia Barat. Ular ini memiliki bobot yang sangat besar. Tak tangung-tanggung ia biasa melahap hewan Wallaro (sejenis kangguru) untuk dijadikan makanannnya.

Ular ini tidak pernah melukai seorang pun, karena ular ini memiliki habitat yang jauh dari pemukiman masyarakat.

  7   Ular Yacumama

Ular terpanjang dan terbesar
Diyakini hidup di Hutan Amazon bagian Peru, ular ini sejatinya masih jadi misteri. Legenda yang tersiar jika ular Yacumama (Ibu Air) bergerak bisa membuat tanah bergetar.

  8   Ular Titanoboa

Ular terpanjang dan terbesar
Miliki panjang capai 13 meter atau setara panjang buas. Diyakini ular ini adalah yang terbesar yang hidup di hutan-hutan di utara timur Kolombia sekitar 58-60 juta tahun lalu. Diameter ular ini bisa sepinggul orang dewasa (foto di atas ilustrasi).
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.