logo

January 19, 2017

Fenomena Alam Langka 3 'Naga' Menyedot Air di Danau China

Fenomena Alam Langka 3 'Naga' Menyedot Air di Danau China
Fenomena Alam Langka 3 'Naga' Menyedot Air di Danau China, Turis-turis di Barat Laut China disuguhi pemandangan spektakuler. Saat water spout atau belalai air terjadi di satu danau, sebuah fenomena alam langka tejadi.
fenomena
Biasanya belalai air itu hanya 1 , tapi kali ini ditemukan ada 3. Dirilis dari Daily Mail, pemandangan spektakuler tersebut terjadi dalam waktu 5 menit di Danau Qinghai, di Provinsi Qinghai pada Rabu lalu.

Salah seorang turis berhasil menangkap momen itu dan direkam selama 26 detik dan dirilis oleh China Central Television Station (CCTV).

Menurut salah seorang saksi mata, pemandangan spektakuler itu terjadi pada pukul 10.30, ketika tiba-tiba awan-awan muncul. Dalam bahasa China, fenomena alam itu disebut 'dragon sucking water'.

"Fenomena itu terjadi dengan tiba-tiba di Danau Qinghai yang tenang," kata salah seorang saksi mata.

"Aku sudah mendengar fenomena 'naga menyeruput air sebelumnya', namun kali ini aku menyaksikan sendiri dengan mata kepalaku."

Juru bicara dari Hainan Region Meteorological Observatory fenomena belalai air ini lazim terjadi di danau itu.

"Temperatur di Danau Qinghai dalam beberapa hari ini tinggi. Dan saat angin dingin datang dari depan, sangat lazim melihat fenomena itu".

Menurut National Ocean Service di AS dan Australia, ada 2 kategori belalai air. Pertama, tornado dan sejenis puting beliung.

Belalai air tornado biasanya terjadi bersama dengan angin kencang dan terjadi di laut biasanya diikuti dengan kilat. Biasanya pergerakan mereka bisa mencapai daratan. Water spout jenis itu kerap berkembang menjadi lebih dahsyat dan mematikan.

Di sisi lain, jenis puting beliung biasanya datang dari awan gelap jenis cumulus. Mereka dibuat di permukaan air dan berputar naik ke atas.

Puting beliung terjadi karena angin yang tak begitu kencang, biasanya pergerakan mereka tak terlalu jauh.

    Berikut rekaman 'naga' menyedot air itu:

liputan6.com
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.