-->
logo

January 31, 2017

7 Sungai Terpanjang di Dunia

7 Sungai Terpanjang di Dunia
7 Sungai Terpanjang di Dunia, Sungai dikenal sebagai aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu menuju hilir dan biasanya dibuat oleh alam. Sungai biasanya bisa dilayari dan adapula tidak bisa dilayari.
Sungai Terpanjang
Berbicara tentang sungai di bawah ini kami sajikan beberapa sungai terpanjang di dunia, kita mulai dari yang pertama.

  1   Sungai Nil

Sungai Terpanjang
Sungai Nil terletak di Benua Afrika, yang melewati tidak kurang dari sembilan negara diantaranya : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan dan tentu saja Mesir. Sungai Nil memang lebih identik dengan Mesir karena sungai ini memilki nilai sejarah dengan bangsa Mesir.

Peranan sungai Nil sangat penting dalam lahirnya peradaban di sepanjang lembah sungai Nil. Menurut sejarah, ungkapan yang dikemukakan oleh Herodotus bahwa Mesir merupakan hadiah sungai Nil memang tepat adanya mengingat begitu besarnya peranan sungai Nil terhadap Mesir.

Baca juga : Awan Tsunami Muncul Dan Menghebohkan Warga Kota Sydney

Mata air sungai Nil bersumber dari mata air pada dataran tinggi Kilimanjaro (Afrika Timur) dan bermuara di Laut Tengah. Sebenarnya sumber mata air sungai Nil masih dalam perdebatan oleh beberapa pihak, hal itu dikarenakan, banyak yang sepakat kalau sumber mata air sungai Nil berasal dari danau Victoria yang merupakan danau terbesar di Afrika. Namun dari pengamatan bahwa di sisi utara danau terdapat lubang kecil yang seharusnya merupakan sumber air sungai Nil.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 6.500 Km dan merupakan sungai terpanjang di dunia mengalahkan panjang sungai Amazon. Wilayah mesir yang dilewati sungai Nil hanya sekitar 22% saja melewati beberapa kota diantaranya : Kairo, Khartoum, Gondokoro, Aswan, Karnak, Thebes, dan Alexandria.

  2   Sungai Amazon

Sungai Terpanjang
Sungai Amazon merupakan sungai dengan debit air tawar terbesar di dunia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 3912 mil hingga menyumbang dari 1/5 bagian total sungai yang ada di dunia. Aliranya dimulai dari Glazer danau Fed di Peru yang kemudian mengaliri beberapa negara Amerika Latin dan berakhir tepat di Samudra Atlantik

Debit rata-rata air di sungai amazon sekitar 209.000 meter kubik perdetik, atau sekitar 6.591 kilometer kubik pertahun. Amazon mewakili 20% debit sungai global untuk laut. Amazon basin adalah salah satu drainase terbesar di dunia, dengan luas sekitar 7.050.000 kilometer persegi.

  3   Sungai Yangtze

Sungai Terpanjang
Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang dan rute transportasi utama di jantung China. Hampir setengah dari orang China hidup di lembah Sungai Yangtze. Sungai Yangtze mengalir sejauh 3.434 mil (5.529 kilometer) dan mencakup area lebih dari 700.000 mil persegi (1,8 juta kilometer persegi). Orang China menyebutnya dengan nama Chang Jiang (Sungai Panjang). Hanya Sungai Nil di Afrika dan Sungai Amazon di Amerika Selatan yang lebih panjang dari Sungai Yangtze.

Sungai Yangtze bermula tinggi di bagian barat provinsi Qinghai. Di sana Sungai Yangtze disebut Jinsha. Sungai ini mengalir ke tenggara ke provinsi Yunnan, kemudian membelok ke arah timur ke provinsi Sichuan. Bentangan panjang ini melewati pegunungan terjal dan tidak bisa dilayari perahu karena jeram dan air terjun. Banyak anak sungai bergabung dengan sungai utama dalam perjalanannya menuju Sichuan.

Di daerah Yibin, Sungai Yangtze memasuki lembah Sichuan. Wilayah penting China ini mencakup kota-kota seperti Chengdu dan Chongqing. Tiga anak sungai besar yang mengalir ke Sungai Yangtze di sini adalah sungai Min, Tuo, dan Jialing.

  4   Sungai Mississipi

Sungai Terpanjang
Sungai Mississippi adalah sungai di Amerika Serikat. Ini adalah salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika. Memiliki panjang 3,734 km untuk sungai utama tetapi akan 6275 Km jika ini diukur dalam jangka panjang dari sungai anak sungai Missouri.

Sungai ini berasal di Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama "Mississippi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "bapak air." Mississippi musim semi adalah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir ke selatan di seluruh AS pusat. Mengalir melalui negara bagian Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi.

  5   Sungai Huang Ho

Sungai Terpanjang
Sungai Huang Ho atau sering disebut juga sebagai Sungai Kuning berlokasi di China dan termasuk dalam daftar 10 sungai terpanjang di dunia. Sungai dengan panjang total 5.646 km ini berasal dari hulu sisi Timur Gunung Kuanlan dan bermuara di Teluk Vhihli. Teluk Vhihli merupakan salah satu teluk yang ada di China bagian barat.

Panjang aliran Sungai Huang Ho menjadikan sungai ini sebagai salah satu sumber air yang sangat berpengaruh terutama di bidang ekonomi dan sejarah. Sayangnya, sungai ini juga pernah menimbulkan bencana, yaitu banjir yang menewaskan banyak orang. Karena seringnya terjadi banjir dari luapan Sungai Huang Ho, sungai ini mendapatkan julukan sebagai China’s Sorrow. Meskipun menyebabkan bencana banjir, Sungai Huang Ho tetap berperan penting sebagai pendukung perkembangan agrikultur China karena bisa menyuburkan tanah dan meningkatkan ketersediaan gizi pada peradaban Tiongkok.

  6   Sungai Amur

Sungai Terpanjang
Sungai Amur yang memiliki panjang kurang lebih 4.400 km dan melewati beberapa negara di benua Asia. Beberapa Negara yang dilewati aliran Sungai Amur sebelum berakhir di Laut Okhotsk di antaranya: China, Rusia, dan Monggolia.

Empat anak sungai utama dari Sungai Amur meliputi Sungai Shilka, Sungai Zeya, Sungai Huma, dan Sungai Ergune. Sungai Amur merupakan simbol geopolitik yang sangat berpengaruh dan penting pada hubungan Tiongkok dan Rusia.

Sungai Amur juga menjadi saksi bisu perpecahan Sino Soviet pada tahun 1940 dan memiliki peran penting pada masa itu. Sungai Amur menjadi sungai terakhir dan penutup daftar 10 sungai terpanjang di dunia yang harus kamu ketahui ini.

  7   Sungai Yenisei

Sungai Terpanjang
Sungai Yenisei masuk dari daftar sungai terpanjang di dunia dengan yang panjang sekitar mencapai 5.539km. Sungai yang tidak sedikit terletak di Rusia ini dimulai dari hulu Gunung Tannu Ola yang berada di daerah Tuva Barat dan berakhir di Samudra Arktik yang aliran sungainya akan terlebih dahulu melalui kawasan Mongolia.

Anak sungai utama yang dialiri air Sungai Yenisei dikenal sebagai Sungai Anggara dan Sungai Selenga. Panjang sungai yang melewati Rusia dan Mongolia ini membuatnya pantas masuk dalam kategori sungai terpanjang di dunia.
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.