-->
logo

February 4, 2017

7 Gunung Merapi Bawah Laut Tertinggi di Dunia

7 Gunung Merapi Bawah Laut Tertinggi di Dunia
7 Gunung Merapi Bawah Laut Tertinggi di Dunia, Jika selama ini anda beranggapan bahwa gunung tertinggi di dunia adalah gunung Everest mungkin anda salah dan ada benarnya. Mengapa begitu? Alasannya ternyata para ahli menemukan beberapa gunung tertinggi di dunia lainnya lho! Namun gunung-gunung tertinggi di dunia tersebut bukan di daratan melainkan di bawah laut.
Gunung Merapi Bawah Laut
Baca juga : 7 Letusan Gunung Merapi Terdahsyat Di Indonesia

Dan ternyata ada beberapa gunung merapi tersebut lebih tinggi dari gunung yang selama ini kita kenal dengan ketinggiannya yaitu Gunung Everest. Yups... gunung apa saja itu?

Berikut 7 Gunung Merapi Bawah Laut Tertinggi di Dunia 

  1   Mauna Kea, Amerika Serikat

Gunung Merapi Bawah Laut
Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 10.200 meter adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Meskipun nampak tinggi gunung tersebut cuma 4.205 meter, namun ternyata di bawah permukaan laut sekitar 5.995 meter.

  2   Gunung Manoa Loa, Amerika Serikat

Gunung Merapi Bawah Laut
Gunung Manoa Loa memiliki ketinggian sekitar 9.170 meter, sama seperti gunung Manea Kea, gunung ini mempunyai ketinggian fantastis. Jika diukur dari atas permukaan laut sekitar 4.170 meter sedangkan jika diukur dari bawah permukaan laut sekitar 5.000 meter.

  3   Gunung Marro Rock, Amerika Serikat

Gunung Merapi Bawah Laut
Gunung yang terletak di Negara Bagian California, Amerika Serikat ini, ternyata merupakan salah satu bagian dari gunung api yang dikenal dengan sebutan “Nine Sisters”. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, Nine Sisters telah terbentuk semenjak dua puluh juta tahun yang lalu.

  4   Gunung Molokini Crater, Amerika Serikat

Gunung Merapi Bawah Laut
Molokini dikenal sebagai kawah gunung berapi berbentuk bulan sabit lantaran sebagian terendam air laut sehingga membentuk pulau kecil yang terletak di selat Alalakeiki antara pulau Maui dan Kahoolawe, bagian dari Maui County di Hawaii. Molokoni mempunyai luas 23 hektar (93.169 m2), diameter sekitar 0,4 mil (0,6 km), dan terletak sekitar dua koma  lima mil (4,0 km) barat Makena State Park dan selatan Maalaea Bay.

  5   Gunung Sursey, Islandia

Gunung Merapi Bawah Laut
Gunung ini terbentuk oleh sistem gunung berapi bawah laut Vestmannaeyjar. Yang juga menghasilkan sejumlah letusan lainnya seperti gunung Eldfell di pulau Heimaey pada tahun 1973. Letusan yang menghasilkan pulau Surtsey juga menghasilkan sejumlah pulau di rantaian gunung berapi, seperti Jólnir dan beberapa pulau lainnya yang belum diberi nama. Sebab erosi yang cepat, kebanyakan pulau ini lenyap.

  6   Gunung Brother Volcano, Selandia Baru

Gunung Merapi Bawah Laut
Gunung Brother Volcano masuk dalam gunung di bawah laut tertinggi di dunia yang terletak di Selandia Baru. Gunung ini tercatat memiliki tinggi sekitar 1850 meter dari bawah permukaan laut. Di dalamnya terdapat satu kawah besar dengan kedalaman sampai 500 meter.

  7   Gunung di Laut Sangihe, Indonesia

Gunung Merapi Bawah Laut
Gunung merapi raksasa di dasar laut di Sangihe, Sulawesi Utara ini dipetakan oleh ekspedisi gabungan ahli dari Amerika Serikat dan Indonesia. Gunung ini diperkirakan memiliki ketinggian 10 ribu kaki atau lebih dari 3.000 meter.

Para peneliti menggunakan sistem sonar dan peralatan robotik, Remotely Operated Vehicle (ROV) yang dilengkapi kamera beresolusi tinggi untuk mengeksplorasi dasar laut Sulawesi.
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.